Bahaya Zoom dan Cara Menghapus Akun Zoom




Bahaya Zoom dan Cara Menghapus Akun Zoom - Peraturan baru dari pemerintah pada masa pandemi COVID-19 ini membuat warga diam dirumah, sejumlah perusahaan, kantor, dan sekolahpun akibatnya membelakukan kebijakan metode bekerja dari rumah serta kegiatan lainnya. Hal ini membuat aktivitas keseluruhan berasal dari rumah masing masing.

  Banyak orang yang belajar, bekerja, dan rapat sering menggunakan aplikasi video conference yang bernama zoom pada awal masa pandemi COVID-19 ini. Karena aplikasinya yang simpel dan dapat mengobrol dan bertatap muka dengan orang lain. Bahkan pemerintahpun juga menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan menteri-menterinya.

  Sayangnya, saat aplikasi ini sedang populer kejadian pencurian data terjadi. Tetapi, pencurian data bukanlah hal baru di Internet. Sudah beratusan kali kasus ini terjadi, karena memang tidak ada yang aman di internet. Walaupun pihak Zoom menjanjikan akan kemanan sistem dan privasi pengguna yang aman tetapi pada nyatanya hal itu tidak sepenuhnya benar. The Intercept melaporkan ternyata Zoom tidak melakukan enkripsi untuk melakukan panggilan video yang dilakukan oleh user. Hal ini juga dikonfirmasi oleh juru bicara Zoom. Dikatakan bahwa keamanan Zoom hanya mengandalkan protokol Transport Layer Security. TLS sendiri adalah protokol untuk memperketat keamanan webiste seperti HTTPS. Protokol kemananan ini berbeda dengan kemanan enkripsi end-to-end yang membuat komunikasi pengguna t idak bisa diintip oleh siapapun. Tidak hanya sampai situ, ternyata dari pihak Zoom sendiri mengatakan bahwa mereka menjual data pengguna ke deepweb atau bagian terdalam dari internet. Hal ini membuat Zoom sangatlah berbahaya jika digunakan.
Selain itu, ada insiden yang bisa disebut dengan ‘ZoomBombing’ dimana kode untuk memasuki ruang meeting tersebar dan kemudian dapat digunakan untuk masuk dan mengambil alih meeting tersebut atau mengambil screenshot dan video.
  
  Lalu, dampak jika menggunakan Zoom yang sedang mengalami banyak pencurian data ini apa? Ketika kamu mengisi zoom dengan data diri kamu yang real, maka peretas akan mengambil data diri kamu dan dapat menggunakannya sesuai apa yang dia mau. Jika akun zoom berkaitan dengan akun emailmu maka peretas akan mempunyai peluang untuk mengakses keseluruh akun yang berkaitan dengan emailmu. Jika akun yang berkaitan dengan emailmu memiliki saldo, maka peretaspun juga bisa menggunakan saldo itu sesuai apa yang dia mau.
Lalu bagaiamana agar akun kita aman? Kita tidak bisa mengamankan akun kita, tetapi kita dapat mencegah peretas untuk membobol data diri kita. Berikut adalah cara untuk mencegah peretas mengambil data diri kita :

  1. Pastikan setiap akun memiliki email dan password yang berbeda, kenapa harus berbeda? Karena jika kamu memasang setiap akun dengan email dan password yang berbeda. Maka akan berpotensi seluruh akun yang berkaitan terbobol secara bersamaan.
  2. Gunakan autentikasi dua kali, jika kamu menggunakan fitur ini maka peretas tidak bisa mengakses tanpa izin dan verifikasi dahulu. Verifikasi ini bisa lewat email, no.hp, dll. Contohnya seperti go-jek otp, tokopedia pin, dll. Akan bisa diakses jika kamu memberikan kode aksesnya

  Lalu kembali lagi dengan Zoom, karena Zoom yang memiliki banyak celah untuk dimasuki dan dicuri identitas penggunanya maka kita harus menghapus akun kita dan tidak memakai Zoom lagi sampai pihak Zoom memperketat keamanan pada aplikasinya. Lalu bagaimana cara menghapusnya? Berikut adalah cara menghapus akun Zoom :

  • kamu harus mengunjungi situs zoom itu sendiri di zoom.us dan login dengan akun yang pernah kamu buat entah itu via email, facebook, ataupun regis langsung.
  • setelah kamu sudah login pilih ‘My account’ setelah itu pilih ‘Account management’.
  • disebelah kanan akan ada opsi “Terminate my account’, klik dan pilih yes.
Dengan menghapus akun, menjadi langkah tepat yang kamu lakukan untuk menghindari pencurian data dan pembobolan data lainnya. Namun, dengan menghapus akun zoom tidak membuat kamu aman dari peretasan. Karena kamu masih menyimpan akun lainnya di media sosial lainnya yang juga berpotensi mengalami pembobolan data.  Karena pada dasarnya tidak ada yang aman di internet, bahkan firewallpun bisa bobol.

2 komentar untuk "Bahaya Zoom dan Cara Menghapus Akun Zoom"

  1. serem juga kalau privasi dan keamanan kita terancam tapi mau gimana lagi tidak ada alternatif yg aman jg,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada alternatif juga gan,mending gunain aplikasi yang sudah ada aja ,seperti WhatsApp dan skrg Bisa gunakan VidCall 8 orang ..

      Hapus

Posting Komentar