Cara Efektif Agar Terhindari Dari Virus Corona?? Begini caranya



Persebaran virus corona sangatlah cepat. Virus ini berasal dari sebuah kota di China bernama kota Wuhan. Diduga virus ini berasal dari sebuah kelelawar yang dimakan oleh sebuah pemuda. Virus corona mewabah dan menginfeksi ribuan orang di berbagai negara dengan sangat cepat termasuk Indonesia.
Virus corona adalah jenis tipe yang dibilang masih baru. Nama virus corona diresmikan dengan nama COVID-19 pada januari lalu. COVID-19 merupakan kepanjangan dari Corona Virus Disease 2019. Memakai angka 2019 karena virus ini muncul pada tahun 2019 lalu. Gejala yang ditimbulkan ketika seseorang ingin terkena virus ini mengalami flu, demam, batuk, dan pilek selama beberapa hari. Setelah itu, orang yang mengalami gejala beberapa hari tanpa merasa baikan sedikitpun akan terserang infeksi virus corona.
Virus ini awalnya adalah virus yang berasal dari hewan, dan bisa menular dari hewan ke manusia dan manusia ke manusia. Penularan antarmanusia yang menyebabkan tersebarnya virus ini sebagian besar lewat air yang dikeluarkan saat batuk atau bersin. Air itu terkena kulit manusia lainnya atau terhirup dan masuk kedalam tubuh.
COVID-19 menyerang sistem pernafasan manusia, akibat yang ditimbulkan seperti asma, infeksi paru-paru, susah bernafas, hingga kematian. Hingga saat ini belum ada pengobatan atau vaksin yang dapat menyembuhkan virus corona. World Health Organization memperingatkan agar masyarakat di seluruh dunia agar tidak meremehkan virus ini dan segera melakukan pencegahan yang bisa dilakukan seperti memakai masker saat ingin pergi keluar rumah.

1. Selalu Mencuci Tangan    


     Walaupun terdengar sangat sepele dan sangat gampang untuk dilakukan, kebanyakan orang sering lupa untuk mencuci tangan sehabis beraktivitas atau saat ingin makan. Mencuci makan menjadi salah satu cara sederhana yang paling efektif untuk mencegah penularan virus COVID-19 ini.

    Kamu bisa mencuci tangan sehabis keluar rumah, beraktivitas, saat ingin makan, dan aktivitas lainnya. kamu bisa mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir ditambahkan dengan sabun. Bersihkan seluruh bagian tangan termasuk sela-sela jari, pergelangan tangan, dan sampai ke ujung-ujung jari dan pastikan seluruh bagian tangan tercuci.

    Jika kamu adalah pekerja yang aktif atau susah untuk pergi mencuci tangan, kamu bisa membeli hand sanitizer dengan kandungan alkohol di dalamnya minimal 60%. Alkohol berfungsi untuk membasmi kuman yang ada di tangan. Cucilah tangan kamu secara teratur. Jangan menyentuh area wajah sebelum anda mencuci tangan. 

2.      Memakai masker ketika keluar rumah 
    
    World Health Organization menyarankan menggunakan masker untuk mencegah penginfeksian virus corona. Penyebaran virus melalui cairan yang dikeluarkan melalui batuk atau bersin sehingga kamu harus menggunakan masker agar tidak terhirup. Kamu bisa menggunakan surgical mask yang merupakan masker sekali pakai yang bisa kamu temukan dan kamu beli di apotek atau toko terdekat.
    
    Jika kamu tidak mempunyai surgical mask, kamu juga bisa menggunakan masker kain. Kini pemerintah RI menyarankan menggunakan masker kain ketika kita kehabisan masker sekali pakai. Walaupun tidak sepenuhnya efektif mencegah persebaran virus corona, Masker kain berpotensi menghambat penginfeksian virus corona. 

3.      Tetap dirumah 

    Agar tidak terinfeksi virus corona adalah dengan menjaga jarak dengan yang lainnya. kamu bisatetap dirumah aja untuk menghindari kerumunan massa. Karena kerumunan massa sangat berpotensi terkena virus corona. Karena penyebaran virus bisa dimana saja, sehingga kamu harum menjaga jarak dengan yang lainnya.

    World Health Organization menyarankan agar kamu menjaga jarak dengan yang lainnya sejauh 1 meter. Dengan begitu, kamu bisa memutus rantai persebaran. 

4.      Makan-makanan yang kaya akan vitamin dan berolahraga 

    Dengan memakan makanan yangan kaya akan vitamin akan membuat daya  tahan tubuh kamu terlindungi dan menjadi kuat. Sehingga kamu terhindar dari serangan penyakit yang ada. 
Kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti lemon, jeruk, pepaya, dan buah lainnya lalu sayur sayuran, makanan berpotein seperti ikan, telur, dan masih banyak lagi.

    Selain makan-makanan yang bervitamin kamu juga bisa berolahraga dan berjemur di bawah sinar matahari agar badan kamu dapat asupan sinar matahari yang cukup. Kamu juga minum suplemen yang menambah daya tahan tubuh.

11 komentar untuk "Cara Efektif Agar Terhindari Dari Virus Corona?? Begini caranya"

  1. Setuju banget Ditengah Pandemi begini,wajib was was diri

    BalasHapus
  2. InsyaAllah tips-tips di atas sudah selalu berusaha untuk dilakukan kakak. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari penyakit berbahaya, aamiin 🙂.

    BalasHapus
  3. Sebenarnya menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi ini bukan lagi menjadi pilihan, tapi sudah menjadi keawajiban. Nice info gan

    BalasHapus
  4. ini wajib untuk menjalani new normal yang juni akan diberlakukan, semoga kita sehat semua yah, amiin

    BalasHapus
  5. Selalu patuhi protokol kesehatan covid-19 kemanapun berada. Terutama jangan lupa pakai masker dan jaga jarak aman.
    Terimakasih infonya gan. Sudah mengingatkan terhindar dari virus corona ini

    BalasHapus
  6. Memang benar untuk terhindar dari virus corona dengan cara menerapkan cara efektif diatas, meskipun terlihat sepele namun benar-benar bisa dapat untuk mencegah dari terkena wabah virus corona

    BalasHapus
  7. Ayolah kita bersama cegah penularan covid 19 ini. Semoga pandemi ini bisa cepat berakhir ya, supaya gak ketinggalan bagi saya yg masih pelajar

    BalasHapus
  8. Supaya covid virus cepat hilang, mari kita lakukan beberapa cara yang diatas. Untuk itu juga jangan lupa untuk mematuhi anjuran pemerintah. Dan yang paling penting jaga kesehatan

    BalasHapus
  9. Saya setuju sama yang ketiga, tetap di rumah aja hehe

    BalasHapus
  10. Sepakat, harus tetap menaati peraturan yang di anjurkan pemerintah supaya terhindar dari Covid-19

    BalasHapus
  11. Satu lagi nih, jangan lupa pola tidur nya diatur, tidur pun harus cukup dan rajin olahraga, tapi sebaiknya jangan olahraga yang berat-berat jika kita dalam keadaan kurang tidur.

    BalasHapus

Posting Komentar