Tips Hidup Sehat Di Bulan Puasa ? Simak Caranya



Tips Hidup Sehat di Bulan Puasa - Setiap orang mengingikan hidupnya sehat, tetapi dalam prosesnya banyak orang yang tidak teratur untuk mengkonsumsi hal-hal yang menyehatkan tubuhnya. Kesehatan menjadi dambaan setiap orang karena memperlancar aktivitas sehari-hari, tidak ada hambatan sama sekali.

  Ramadhan telah tiba, seluruh umat Islam diperintahkan untuk melaksanakan salah satu rukun Islam yaitu berpuasa sebulan penuh. Pada saat berpuasa, umat islam disuruh menahan lapar dari terbitnya fajar hingga terbenamnya fajar. Tidak hanya menahan lapar, umat islam juga harus menahan hawa nafsunya untuk melakukan hal-hal yang tidak baik. Walaupun mendapatkan asupan makanan dan minuman lebih sedikit, ternyata puasa menyehatkan badan dan mempunyai dampak yang positif. Dan walaupun puasa mempunyai dampak positif kita juga harus menjaga kesehatan agar puasa kita lancar, berikut adalah tips hidup sehat di bulan puasa :

  • Makan secukupnya
Saat sahur sangatlah penting, umat islam disuruh mempersiapkan makanan untuk menghadapi puasa pada hari itu. Apa yang dimakan saat itu berpengaruh terhadap kinerja tubuh selama seharian penuh. Oleh karena itu, kita harus memakan-makanan yang sekiranya menyehatkan dan cukup untuk kebutuhan tubuh kita. 
Kita bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat karena diyakini bisa membantu kita menahan kenyang lebih dari 6 jam yaitu ubi, oatmeal, jagung, singkong, roti gandum, dan nasi merah. Selain itu buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat menjaga stamina kita serta minum air putih.
Saat berbuka puasa, pasti makan secukupnya. Tidak makan secara berlebihan dan tidak kurang makan. Para ahli kesehatan menganjurkan ketika berbuka kita puasa kita bisa memulainya dengan meminum segelas air putih, lalu sedikit makanan yang manis, dan setelah setengah atau satu jam barulah kita diperbolehkan makan besar. Makan besar yang dimaksud disini adalah makan dalam porsi banyak.
Pada saat makan malam, pastikan kita tidak terlalu makan terlalu banyak untuk mencegah terjadinya obesitas. Hindari minuman bersoda dan kopi, dua minuman ini akan membuat kita sulit tidur dan menimbun banyak sekali lemak. Kita bisa meminum air putih untuk membersihkan tubuh atau kita bisa minum jus buah yang berkhasiat dan bermanfaat untuk tubuh. 
  • Hindari makanan berminyak atau tidak sehat
Makanan berminyak memang menggiurkan dan tampak lezat untuk dimakan. Tapi dibaliknya, makanan berminyak menyimpan dampak negatif dan tidak baik untuk tubuh jika dimakan terlalu sering. Pada saat berbuka puasa orang cenderung mengawalinya dengan memakan gorengan, para pakar kesehatan sendiri tidak merekomendasi makan gorengan pada saat berbuka puasa. Gorengan mempunyai dampak yang tidak sehat untuk tubuh seperti menambah lemak pada tubuh, beresiko mengalami penyakit diabetes, berpotensi memunculkan penyakit kronis, dan kandungan acrylamide yang terlalu tinggi. Acrylamide ini bisa menyebabkan penyakit seperti kanker ovarium, kanker ginjal, dan kanker endometrium.
Makanan berminyak lainnya juga mempunyai dampak negatif bagi kesehatan baik kesehatan jangka panjang maupun kesehatan jangka pendek. Dampak pendeknya adalah sakit perut dan dampak panjangnya adalah kanker. Makanan berminyak juga dapat merusak bakteri sehat yang berada pada usus, dapat memacu stroke, menyebabkan jerawat dan penyakit lainnya.

  • Tidur yang cukup
Selain memerhatikan pola makan, tidur yang cukup juga penting untuk kesehatan. Ngantuk pada siang hari bukan karena perut kita sedang kosong, karena kita kurangnya tidur. Karena kita bangun lebih awal yaitu saat sahur, maka kita dianjurkan untuk tidur lebih awal minimal kita tidur dengan waktu 7 Jam.
Ketika memerhatikan pola tidur, maka saat sahur tidak kesiangan. Tidur yang cukup juga membantu untuk melakukan kegiatan sehari-hari termasuk produktivitas kerja selama menjalankan puasa. Dengan cukup tidak akan membuat tubuh kita menjadi letih dan terlihat lesu.

  • Olahraga ringan pada malam hari
Walaupun puasa, tapi tidak menjadi halangan untuk berolahraga. Olahraga bisa membuat tubuh kita menjadi bugar dan tentunya lebih sehat. Menurut pakar kesehatan, jika tidak olahraga selama sebulan bisa menurunkan kekuatan otot dan tubuh menjadi  tidak bugar.
Kita bisa joging selama 10 atau 15 menit saja, kita bisa joging saat menjelang berbuka atau pada pagi hari setelah sahur. Lalu kita bisa bersepeda santai dirumah atau bersepeda sambil mencari makanan saat ingin berbuka puasa atau saat pagi hari sesudah sahur. Kita juga bisa jalan santai, jalan santai tanpa sadari kita lakukan saat ingin membeli makanan untuk berbuka atau membeli makanan untuk asupan sehari hari.

9 komentar untuk "Tips Hidup Sehat Di Bulan Puasa ? Simak Caranya"

  1. Puasa itu ibadah sekaligus menyehatkan. Maka saat berpuasa sebaiknya kita juga bisa menjaga diri kita dari hal-hal yang akan menurunkan daya tahan tubuh.

    BalasHapus
  2. Makan-makanan yang bergizi gan agar tubuh kita kuat dalam menjalani ibadah puasa ini. Jika ngantuk tidurlah sejenak untuk mengistirahatkan tubuh, sebab tidurnya orang yang berpuasa juga termasuk ibadah.

    BalasHapus
  3. Bisa diterapkan tips dan triknya, ketika menjalani ibadah puasa terimakasih infonya

    BalasHapus
  4. Bisa diterapkan nih tipsnya untuk kehidupan sehari-hari.. mantapp makasih tipsnya yaa ;)

    BalasHapus
  5. nah ini gak hanya saat puasa, ini bisa diterapkan pada setiap waktu

    BalasHapus
  6. Nice info, kalau buat pekerja tapi bekerjanya lumaya menyita tenaga gimana ya

    BalasHapus
  7. Hidup sehat semangat, terlebih disaat pandemi ini, harus rajin olahraga supaya imun tubuh lebih kuat dan sehat. Aamiin

    BalasHapus
  8. Puasakan sehat, kalau bisa terapin tips hidup sehat diatas pasti makin sehat. nice info.

    BalasHapus
  9. Banyak tilawah dan qiyamullail..
    Berbuka jangan berlebihan bagar ndak ngatuk saat tarawih.. 😀

    BalasHapus

Posting Komentar