Teknologi penunjang Work From Home


 
Karena virus COVID-19 yang mewabah dan menginfeksi seluruh negara termasuk Indonesia. Membuat manusia terancam karena adanya virus ini. Persebaran virus yang sangat cepat dan sangat mudah yaitu hanya terkena cairan yang keluar melalui batu dan bersin dari orang yang terinfeksi. Oleh karena itu diharuskan untuk kita menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya.
Pemerintah menerapkan social distancing yang dilanjutkan dengan kebijakan PSBB. Kebijakan PSBB ini mempengaruhi semua sektor yang ada di masyarakat. Salah satunya adalah ketenagakerjaan. Adanya PSBB ini membuat masyarakat harus bekerja dari rumah atau istilah yang kita kenal saat ini adalah Work From Home. Work from home membuat masyarakat harus beradaptasi dengan infastruktur teknologi.
Karena work from home ini terjadi secara mendadak, otomatis banyak masyarakat yang belum siap untuk menghadapi realitas bahwa mereka harus bekerja dari rumah. Sehingga mau tidak mau masyarakat harus beradaptasi. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa menunjang kegiatan work from home yang bisa kamu pakai sesuai kebutuhan pekerjaanmu. Berikut adalah teknologi yang bisa kamu gunakan untuk menunjang aktivitas work from home :
 Komputer atau Laptop
Komputer atau laptop bisa menjadi pilihan utama kamu untuk menunjang aktivitas work from home. Mobilitas yang bisa kamu gunakan di komputer atau laptop sangatlah baik. Banyak sekali aplikasi yang bisa menunjang aktivitas work from home.

1. Microsoft Office
Microsoft office banyak sekali digunakan oleh masyarakat luas saat ini. Micorosoft office tidak hanya membantu pekerja atau mahasiswa. Tetapi juga membantu siswa menengah dasar sampai menengah atas.
Microsoft office bisa membantu kamu dalam membuat dokumen atau membuat tugas. Microsoft office mempunyai banyak aplikasi. Aplikasi yang terkenal adalah Microsoft word, Micorosoft Excel, dan Microsoft Powerpoint. Jika kamu sedang membuat soal atau membuat essay dan lain-lainnya kamu bisa menggunakan Microsoft Word. Jika kamu sedang menganalisis kamu bisa menggunakan microsoft excel. Jika kamu ingin melakukan presentasi, kamu bisa memanfaatkan microsoft powerpoint untuk membantu kamu dalam presentasi.
Untuk menggunakan Microsoft Office sudah tersedia di laptop atau komputer. Jadi kamu bisa langsung menggunakannya tanpa mendownload terlebih dahulu.


2. Google Form
Google Form ini merupakan bagian dari naungan Google docs untuk membuat sebuah pertanyaan atau kuisoner ataupun formulir pendaftaran. Bagi kamu yang bekerja sebagai guru, kamu bisa menggunakan Google form untuk membantu kamu dalam memberikan tugas kepada siswa. Jika kamu seorang surveyor atau seorang yang sedang melakukan penelitian kamu bisa menggunakan google form dalam penelitian. Google Form ini adalah sebuah formulir online yang gratis alias tidak berbayar jadi kamu bisa menggunakannya sebebas yang kamu mau.
Untuk menggunakannya kamu bisa mengunjungi website google form dan kamu langsung bisa membuat formnya.


3. Google Meets
Google meets sangat berguna untuk kamu yang sedang presentasi, diskusi, dan rapat. Google meets adalah aplikasi video confference. Google meets mempunyai fitur yang membuat kamu dapat bertemu orang-orang hingga 100 orang lebih. Kamu juga bisa share screen apa yang sedang kamu buka di laptop atau komputer.
Kamu bisa menggunakan Google Meets via website. Cukup kunjungi website google meets dan kamu bisa membuat room.
Gadget atau Smartphone

1. Microsoft Office
Selain di laptop, microsoft office juga bisa kamu gunakan di gadget. Jika kamu tidak mempunyai laptop atau komputer maka kamu bisa menggunakan gadget untuk mengetik dan membantu kamu dalam aktivitas lainnya.

2. Google Classroom
Bagi kamu yang sedang melaksanakan belajar jarak jauh atau sedang mengajar jarak jauh. Google Classroom adalah aplikasi tepat yang bisa kamu gunakan. Banyak fitur yang disediakan oleh Google Classroom seperti presentasi, diskusi, mensisipkan berkas word dan dokumen lainnya, dan fitur lainnya.
Google Classroom tersedia di website dan versi aplikasi. Dan Google Classroom tersedia secara gratis. Jadi kamu dapat mengunduhnya sekarang.

3. Google Meets
Selain di website, terdapat aplikasi di android. Google meets berguna untuk kamu yang ingin berdiskusi dan mengajar murid atau mahasiswa dari jarak jauh. Fitur yang disedaiakan google meets juga cukup banyak yang bisa menunjang aktivitas belajar mengajar.

20 komentar untuk "Teknologi penunjang Work From Home"

  1. Kapan berakhirnya ya psbb ini, kasian anak sekolah yang rumahnya jauh dari kota dan susah akses internet.

    BalasHapus
  2. Selama pandemi emang sering banget gunain aplikasi ini terutama google form dan google meet untuk keperluan rapat

    BalasHapus
  3. Aplikasi di atas beberapa jadi kebutuhan saya. Google class room baru dipakai 2x dan Google meet baru 1x, tapi setidaknya saya pernah mencobanya.

    BalasHapus
  4. Aplikasi yang sering saya gunakan untuk kuliah biasanya menggunakan google meet, karena sangat membantu sekali dengan adanya wabah saat ini.

    BalasHapus
  5. kalau work from home semua jadi serba online. kalau saya pakainya aplikasi ojek online supaya memudahkan dalam pesan makanan

    BalasHapus
  6. work from home, kalo saya bisanya hanya pakai office mas. BTW suk song song era new normal. Kunjungi juga BLOG MILITER

    HIDUP INDONESIAN BLOGGER

    BalasHapus
  7. Yang disebutkan memang aplikasi yang sering aku pake tuh dan jangan lupa ya zoom dan wa juga berperan lho

    BalasHapus
  8. Baru denger ada aplikasi google meet. Akan ku telusuri lebih dalam lagi gan, apakah benar-benar bisa bermanfaat.

    BalasHapus
  9. Tidak hanya work from home tetapi juga study from home, apalagi yang sudah menerapkan sistem tersebut pasti sangat membutuhkan aplikasi tersebut

    BalasHapus
  10. Kalau saya sendiri sih ketika pembelajaran di rumah aplikasi yang sering digunakan ya Microsoft Office terutama Microsoft Word, aplikasi lainnya Google form Google kelas, dan melalui website sih.

    BalasHapus
  11. Walaupun bisa di jadikan alternatif menurut saya masih kurang efektik jika harus jarak jauh karena banyak kendala seperti kalo jaringan nya lelet untuk mengirim data dan sebagainya

    BalasHapus
  12. Sebenarnya masih banyak lagi ya kak yang bisa membantu masa-masa WFH ini. Semoga corona cepat berlalu 😄

    BalasHapus
  13. Dapat jadi referensi,.. sekilas yang bingung selama WFH mau produktif bagaimana , yang sebenarnya teknologi semua ada disekitar kita

    BalasHapus
  14. Intinya adalah perangkat komputer yang ditunjang jaringan internet. Berbagai aplikasi ini bagi para pekerja kantoran atau para guru sepertinya sudah menjadi bagian penunjang pekerjaan yang wajib dikuasai.

    BalasHapus
  15. Bener nih, sangat bermanfaat dan aman juga. Mksh gan

    BalasHapus
  16. Selama WFH ini lebih sering dengan Office, Chrome, Mozilla dan Zoom tentunya 😄😃

    BalasHapus
  17. Zoom nggak ada ya?? padahal pakai ini sebelum pandemi, tapi setelah isu kebocoran data, skarang lebih sering pake google meet untuk menunjang WFH

    BalasHapus
  18. Udah nyobain google meet tapi gak puas karena sudah terbiasa pakai zoom :)

    BalasHapus
  19. Mau menambahkan si mas, saya selama ini memang sering menggunakan google meets, tapi Skype dan Zoom juga berperan dan paling banyak juga digunakan..

    BalasHapus
  20. Wah iya bener banget! Sekarang aja lagi ngegunain itu semua. Bagus artikelnya mantap! Semangat terus!

    BalasHapus

Posting Komentar